WHAT'S NEW?
Loading...

Jika Sering Bawa Kendaraan Sendirian, Anda Harus Waspada Dengan BEGAL Yang Sedang Mengintai. Simak 9 Tips Aman Menghindar dari Begal Motor Terbaru 2017

Maraknya begal motor dikalangan masyarakat kali ini kerap menyerang korban yang menimbulkan kedukaan pada banyak pihak. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak para pemuda dan seluruh masyarakat Indonesia untuk “berjihad” bersama kepolisian dan pemerintah daerah masing-masing dalam mencegah aksi kejahatan pencurian kendaraan bermotor dengan kekerasan atau begal yang banyak melibatkan kaum muda (remaja).


Pelaku pembegalan yang saat ini marak terjadi di sejumlah wilayah hampir kota besar di Indonesia, rata-rata korbannya adalah kaum muda sebegai calon generasi bangsa yang ini sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, berikut ada beberepa tips aman dari begal motor yang sekiranya anda siapkan sebelum bepergian.

1. Pemanasan Tubuh

Sebelum melakaukan perjalanan, alangkah baiknya kita memastikan tubuh dan pikiran selalu dalam keadaan sehat walafiat, dengan melakukan pemanasan tubuh terlebih dahulu, agar kondisi fisik, jiwa yang sehat kita bisa membantu dalam pertahanan fisik, bila perlu membawa pengaman untuk mempersenjatai diri. Seperti (gunting,cutter dll ), Karena ketika ada yang melakukan kejahatan atau aksi pembegalan setidaknya kita bisa menjaga diri dan bisa lebih fokus cepat sampai pada tempat tujuan.

2. Menyiapkan Perlengkapan Berkendara

Helm : Gunakan Helm standrt SNI, dan jangan lupa kaitkan tali pengikatnya dengan benar agar helm tidak terlepas saat terjauh. Hampir sebagian besar dari kita (orang awam) tidak mengerti/kurang memahami kegunaan helm saat berkendara. Apalagi dengan maraknya kejahatan begal motor dimasyarakat saat ini,  korban terus berjatuhan akibat cedera kepala yang terjadi atau saat kecelakaan, sehingga pemerintah sendiri memaksa mewajibkan setiap pengendara sepeda motor untuk memakai helm. Baik untuk perjalanan jarak jauh maupun jarak pendek. Tujuannya tidak hanya untuk pelindung kepala saja, namun juga untuk tujuan estetika si pemakai helm.

Pakaian : Gunakan jaket lengan panjang yang terbuat dari bahan waterproof (tahan air), windproof (tahan angin) dan usahakan lebih tebal sehingga bisa membuat para pembegal sedikit lebih segan ketika ingin melakukan aksi jahatnya.  Dan celana panjang sebagai pelindung tubuh dari kondisi cuaca dan kemungkinan cedera saat terjatuh atau tidak begitu menunjukan bentuk tubuh dalam hal ini khususnya wanita. Pilih jaket lengan panjang dan celana panjang yang sesuai ukuran dan nyaman dengan tubuh.

Sarung Tangan : Gunakan sarung tangan (pilih yang menutupi seluruh permukaan tangan/tidak licin) yang dilengkapi dengan pelindung siku dalam mengantisipasi cedera saat terjatuh, agar kondisi badan pengendara tetap stabil selama perjalanan.

Sepatu : Gunakan sepatu berkendara yang dapat melindungi bagian kaki kita. Sepatu yang aman adalah memiliki hak untuk menyangkutkan sepatu ke pijakan kaki, tidak memiliki tali tapi menggunakan perekat untuk menghilangkan resiko tersangkut, melindungi mata kaki, dan melindungi tulang kering.

3. Berdoa Sebelum Bepergian

Berdoa merupakan suatu keharusan bagi kita semua sebelum melakukan aktifitas, tanpa terkecuali bagi seluruh agamapun diajarkan demikian agar apa yang akan kita lakukan bisa terlaksana dan berjalan dengan baik. Dan terutama ketika akan menempuh perjalanan jauh sehingga kita bisa terlindung dari berbagai unsur kecelakan atau kejahatan yang  menimpa diri kita. Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan doa ini,

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ
Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud, no. 5095; Turmudzi, no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani)

4. Hindari  Jalanan Sepi (Area Rawan)

Jalan sepi sangat berpotensi adanya aksi kejahatan. Begitupun dengan aksi para pembegal, yang biasanya mengincar mangsanya dijalanan sepi atau jalan dengan lampu penerangan yang redup. Maka sebisa mungkin hindari jalanan sepi, tentu area sepi dan gelap yang jarang dilewati warga, si pelaku bisa dengan mudah menjalankan aksinya tanpa takut dihakimi masa.

Usahakan untuk tidak berkendara di malam hari, kalaupun terpaksa, sebaiknya perlu memacu gas motor atau kecepatan yang lebih tinggi dengan catatan harus tetap fokus kedepan, safety riding. Dikarenakan jam-jam tengah malam hingga dini hari, kebanyakan orang pasti sedang terlelap nah, situasi seperti inilah yang akan dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan (Begal).

5. Waspada Terhadap Keadaan Sekitar

Mungkin anda harus belajar lebih peka terhadap kondisi dalam situasi apapun. karena insting akan bekerja terhadap apapun yang mengundang kecurigaan. Dan ini merupakan kunci utama pada saat anda mulai berkendara. Jadi bila ada pengendara yang mencurigakan segeralah pergi ketempat keramaian, jadi sangat ditekankan untuk tidak bepergian sediri di jam-jam malam (18.00-24.00) kalo bisa bersama teman-teman atau jika terdesak segera hubungi Polisi. Ini juga salah satu hal yang paling penting, laporkan apa yang terjadi, sampai situasi benar-benar aman.

6. Waspada Terhadap Orang Baru yang Tidak Dikenal

Entah berpura-pura motornya mogok, atau dijalan tiba-tiba menanyakan alamat, dsb. Sebab bisa saja itu hanya modus para pembegal. Usahakan ketika akan menolong lihat dulu keadaan sekitar, kalau ramai mungkin bro sis bisa menolong. Tetapi kalau sepi dan sendirian, sepertinya lebih baik jangan. Atau bro sis bisa jalan dulu minta bantuan kepada orang lain untuk menolongnya.

7. Kunci Ganda Kendaraan

Selain begal dijalanan, tak sedikit para pembegal melancarkan aksinya ketika motor di parkir. Sebaiknya kunci ganda dengan lebih dari satu gembok misalnya. Lho ada cairia setan? Memang para penggunaan cairan setan belakangan marak terjadi, namun dengan banyaknya kunci yang dipasang tentu akan memperlambat aksinya. Lha wong butuh waktu lama untuk membongkarnya, keburu ketahuan. Selain itu pasang alamr anti maling juga bisa meminimalisir kemungkinan motor kita dibegal.

8. Tidak Menunjukan Barang Berharga

Di sini sangat ditekankan khususnya bagi wanita yang kadang ingin terlihat menarik, lebih modis dan cantik didepan banyak orang namun sebenernya hal semacam itu bisa membahayakan dirinya, ditambah kalau menggunakan pakaian seksi. Karena hal itu tidak hanya mengundang syahwat para kaum laki-laki tapi bila ada niat dan kesempatan kejehatan itu bisa terjadi kapan dan diamana saja.

9. Tidak Panik

Dan yang terakhir dalam kondisi apapun kita harus bisa mengeontrol diri terlebih dahulu, jangan sampai kita panik terbawa suasana, berfikir jernih, tarik nafas dalam-dalam dan jangan terlalu tegang, pada saat panik kita tidak akan bisa berpikir dengan baik. Karena itu bisa jadi bumerang (menyudutkan) diri kita sendiri. Sebaiknya jika kita bisa mengeontrol, ketenangan yang kita miliki atau timbul pasti dapat menghindari tindak pembegalan.

Belajar untuk tidak panik dalam menghadapi situasi yang mencekam.merajalela
google.com

Prinsip dari semua perlengkapan berkendara tersebut adalah melindungi seluruh bagian anggota tubuh, tidak mengganggu proses berkendara dan bahkan meningkatkan kemampuan kita mengoperasikan kendaraan dari kejahatan begal motor.

Semoga bermanfaat.









Sumber : duduul.com

0 komentar:

Posting Komentar