WHAT'S NEW?
Loading...

Ingin ASI Banyak Melimpah Dalam Hitungan Menit Ummi ?? COBA 7 Tips Dahsyat Ini Dan Buktikan Sendiri Manfaatnya Terbaru 2017

Apa yang harus dilakukan agar ASI banyak? Pertanyaan ini umumnya dilontarkan oleh para ibu muda yang baru saja memasuki masa-masa menyusui. Di masa inilah seringkali para ibu muda merasa risau karena ASI yang tidak melimpah seperti harapannya. Nah, jika hal yang sama terjadi pada Anda, tak perlu merasa panik. Kepanikan dan stres justru akan semakin memperburuk keadaan. Jadi, simak ulasan berikut ini.



Simaklah beberapa tips agar ASI banyak dan terus bertambah banyak berikut ini.

1. Konsumsi Sayuran

Bila selama ini emak menyusui tidak menyukai sayur-sayuran, sebaiknya segera membiasakan diri mengonsumsi sayur-sayuran agar ASI banyak. Sayur-sayuran sangat baik untuk mendorong produksi ASI yang melimpah.
Adapun sayur-sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah sayur-sayuran yang berwarna seperti wortel, bayam, kangkung, tomat, sawi hijau, daun katuk, dan sayuran sejenis lainnya.

2. Konsumsi Buah-buahan

Konsumsi juga aneka buah-buahan segar agar ASI banyak. Sebaiknya makanlah buah-buahan ketika perut masih kosong atau paling tidak setengah jam sebelum makan.

Hal ini akan membuat kandungan-kandungan yang terdapat di dalam buah dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi dalam bentuk jus ataupun dipotong-potong kecil sebagai makanan camilan.

3. Konsumsi Makanan Sumber Protein

Lengkapi menu sehari-hari dengan makanan-makanan sumber protein nabati maupun sumber protein hewani. Makanan-makanan sumber protein nabati antara lain kacang polong, brokoli, jagung dan juga bayam. Sedangkan makanan-makanan sumber protein hewani antara lain ikan teri, susu dan berbagai produk olahan susu, ikan, daging ayam dan juga daging merah.

4. Banyak Minum

Ibu yang sedang menyusui juga tidak boleh malas untuk minum agar ASI banyak. Setidaknya ibu menyusui membutuhkan asupan air sebanyak 3 liter dalam sehari. Asupan air ini tidak hanya bisa diperoleh dari mengonsumsi air putih saja, tetapi juga bisa dari buah-buahan yang banyak mengandung air, jus buah, dan sayuran berkuah.

5. Sering-sering Menyusui

Hindari memberikan ASI kepada bayi hanya berdasarkan jam saja. Seorang ibu menyusui perlu mengenali ekspresi bayi ketika sedang lapar dan harus mampu mendorong bayi untuk bersemangat dalam menyusui.

Sebab semakin sering kegiatan menyusui dilakukan, maka tubuh akan terangsang untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Terutama di malam hari, sebaiknya kegiatan menyusui dilakukan lebih sering lagi karena hal ini mampu menaikkan hormon prolaktin yang berperan besar dalam produksi ASI.

Saat menyusui, usahakan agar kedua payudara bisa benar-benar kosong. Payudara yang dikosongkan dari ASI akan memberikan tanda bagi tubuh untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Jika ibu masih merasakan sedikit ASI yang tersisa di payudara, para ibu bisa memompa ASI tersebut untuk kemudian disimpan di lemari pendingin.

6. Beristirahat

Ibu menyusui juga perlu mengatur waktunya agar bisa beristirahat dengan cukup. Memang hal ini cukup sulit dilakukan mengingat begitu banyak kerepotan dalam mengurus bayi.

Karena itu, dibutuhkan kerjasama dengan pasangan agar ibu menyusui tetapi memiliki waktu untuk beristirahat dengan cukup. Sebab rasa lelah dan stres bisa mempengaruhi produksi ASI pada seorang ibu yang sedang menyusui.

7. Melakukan Pijatan Payudara

Para ibu yang menyusui juga perlu melakukan pemijatan lembut pada payudara sebelum menyusui dan di saat sedang mandi. Pemijatan ini akan melancarkan peredaran darah di payudara.

Nah, itulah 7 tips agar ASI banyak yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu muda yang baru saja memasuki masa-masa menyusui. Dengan menerapkan beberapa tips tersebut secara perlahan-lahan para ibu akan merasakan peningkatan produksi ASI. ASI yang melimpah tentu mampu memenuhi kebutuhan bayi dan mendukung ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan penuh.





Sumber : rubik.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar