WHAT'S NEW?
Loading...

Kenali Gejala KANKER P4YUDAR4 Bisa Dilakukan Sejak Dini Bun... Coba Cara Sederhana Ini Terbaru 2017

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menakutkan bagi kaum perempuan. Biasanya penyakit mematikan yang satu ini baru disadari setelah mencapai stadium lanjut. Padahal sebenarnya perubahan kondisi tubuh yang disebabkan oleh kanker p4yudara sudah bisa dideteksi sedini mungkin. Namun sayangnya, kaum perempuan Indonesia masih belum mendapatkan informasi memadai tentang deteksi kanker p4yudara sejak dini.


Sebuah gerakan sederhana untuk memperhatikan kesehatan payudara dikenal dengan sebutan SADARI (Periksa P4yudara Sendiri). SADARI bisa dilakukan oleh semua perempuan dalam kurun waktu 7 hingga 10 hari setelah masa menstruasi :

Berdasarkan rekomendasi oleh Yayasan Kanker Indonesia, prosedur SADARI terdiri dari beberapa langkah sederhana berikut ini :

Berdiri Tegak dan Mengamati Bentuk Put1ng

Cobalah untuk berdiri tegak dengan kedua tangan sejajar di samping tubuh. Amati bentuk p4yudara dan put1ngmu. Pada umumnya bentuk p4yudara perempuan memang tidak simetris pada bagian kiri dan kanan. Tetapi kamu bisa mengamati bentuk put1ngmu. Lihatlah apakah ada perubahan pada put1ng misalnya bentuk yang tidak beraturan, timbul benjolan, atau warna put1ng yang berbeda dari biasanya.

Mengecek P4yudara Saat Mengangkat Lengan

Selanjutnya, angkatlah kedua lenganmu ke atas dan arahkan ke belakang kepala hingga sikumu terlihat menonjol. Lalu amati otot-otot di sekitar kedua p4yudaramu. P4yudara yang sehat tentu memiliki bentuk yang bulat seimbang tanpa benjolan, tidak berkerut, dan tidak memiliki ruam. Kamu harus waspada jika terdapat benjolan pada salah satu atau kedua sisi p4yudaramu.

Meraba P4yudara dengan Kedua Tanganmu

Setelah mengamati bentuk p4yudara dalam kondisi berdiri tegak dan mengangkat lengan, jangan lupa pula untuk mengecek kondisi p4yudara dengan cara merabanya. Gunakan kedua tanganmu untuk meraba p4yudara secara perlahan-lahan. Cermati apakah ada perbedaan bentuk atau benjolan pada tekstur p4yudaramu. Kemunculan benjolan atau bentuk p4yudara yang tidak merata adalah salah satu indikasi penyakit kanker payudara stadium awal. Jika kamu menemukan perbedaan bentuk yang ganjil pada p4yudaramu, sebaiknya kamu lekas memeriksakan kondisi kesehatanmu ke dokter secara intensif.

Kriteria Put1ng P4yudara yang Sehat

Dalam kondisi tidak hamil dan tidak menyusui, put1ng p4yud4ra yang sehat tidak akan mengeluarkan cairan atau darah. Ketika kamu menekan put1ngmu saat memeriksakan kesehatan p4yudara, pastikan bahwa tidak ada cairan yang keluar dari put1ng. Selain itu, put1ng yang sehat juga tidak akan mengalami ruam, rasa sakit, atau perubahan bentuk jika ditekan secara lembut.

 Langkah-langkah pemeriksaan p4yudara secara sederhana ini sangat mudah untuk dipraktikkan di rumah. Bila kamu tidak ingin langsung memeriksakan kondisi kesehatan p4yudaramu di dokter, maka sebaiknya kamu berinisiatif melakukan SADARI di rumah ya, ladies.

Risiko kanker p4yudara yang membahayakan kesehatan bisa diatasi jika sudah terdeteksi sedini mungkin.







Sumber : pancarkanpesonamu.com

0 komentar:

Posting Komentar